Solusi Tampilan Divi Builder Dikanan Bawah Classic Editor 2021

Solusi Tampilan Divi Builder Dikanan Bawah Classic Editor 2021

Mungkin tidak semua pengguna elegant theme mengalami tampilan divi builder dikanan bawah classic editor, tapi dengan artikel ini akan memberikan solusi bagi yang mengalami hal tersebut. Tim Divi selalu saja terus-menerus melakukan pembaruan antar-muka untuk memastikan lebih cepat, lebih intuitif dan sangat meningkatkan pengalaman untuk pembuatan website tanpa harus mengenal bahasa pemprograman lebih dalam.

Sayangnya, tema Divi selalu saja diganggu dengan adanya bug yang membuat Divi Builder back-end dan Visual Builder front-end tidak dapat bekerja pada beberapa plugin. Dalam kesempatan artikel ini, Dumetnesia akan menunjukkan salah satu bug yang nyata terjadi dan memberikan solusi apabila hal tersebut terjadi pada Anda. Sedikit saja solusi untuk memperbaiki masalah untuk bisa menggunakan divi builder secara baik dan normal.

Update Gutenberg dan Divi Builder

Setelah Kita sudah memperbarui atau mengupdate WordPress 5.7 dan menginstal Divi 4.9.3 (versi terbaru), Kita akan selalu siap untuk mulai pembuatan website dengan mudah dan cepat. Jika menambahkan atau membuat halaman baru, jendela pop-up yang digunakan memungkinkan kita menggunakan Divi Builder atau editor WordPress Gutenberg dengan Cukup klik tombol “Gunakan Divi Builder”.

menggunakan divi builder

Editor Divi Classic setelah rilis WordPress Gutenberg

Tepat setelah rilis WordPress 5.0 yang menyertakan pembuat halaman Gutenberg sebagai bagian dari inti, Divi 3.18 dirilis yang menambahkan kompatibilitas dengan editor WordPress baru.
Dalam rilis ini, Divi menambahkan ‘The Latest Divi Builder Experience’ sebagai editor default yang menggantikan editor Divi klasik yang lama. ‘Pengalaman Divi Builder Terbaru’ ini didasarkan pada mode pengeditan wireframe yang tersedia sebagai bagian dari Visual Builder. Pengguna yang lebih memilih mode pembangun Divi klasik dan suka mengedit konten mereka di dalamnya daripada pembangun Visual akan merasa itu hilang setelah mereka memperbarui ke versi terbaru WordPress (5.0+) dan Divi (3.18+).

Namun editor Divi klasik masih menjadi bagian dari tema Divi dan pengguna yang ingin terus menggunakannya dapat menemukan pengaturan untuk mengaktifkannya di panel tema Divi.

Classic Editor WordPress

Classic Editor ini dikeluarkan pada tahun 2018 dibulan Desember, bersamaan dengan pembaharuan WordPress versi terbaru. Classic editor ini sangat familiar dengan para penggunanya karena mudah untuk digunakan dan kemudahan fiturnya.

Klasik Editor ini adalah plugin WordPress resmi, dan masih akan terus didukung dan juga dipertahankan sepenuhnya hingga setidaknya sampai pada tahun 2022, atau selama diperlukan dan banyak penggunanya.

plugin WordPress classic editor

Plugin Classic Editor :

  • Administrator dapat memilih editor default untuk semua pengguna.
  • Administrator dapat mengizinkan pengguna untuk mengubah editor default mereka.
  • Jika diizinkan, pengguna dapat memilih editor mana yang akan digunakan untuk setiap posting.
  • Setiap posting terbuka di editor terakhir yang digunakan terlepas dari siapa yang terakhir mengeditnya. Ini penting untuk mempertahankan pengalaman yang konsisten saat mengedit konten.

Selain itu, plugin klasik editor menyertakan beberapa filter yang memungkinkan plugin lain mengontrol pengaturan, dan pilihan editor per posting dan per jenis posting. Secara default, plugin ini menyembunyikan semua fungsionalitas yang tersedia di editor blok baru (“Gutenberg”).

Tampilan Divi Builder Dikanan Bawah Classic Editor

Penggunaan divi builder pada klasik editor secara normal bisa tampil dibagian tengah, sehingga bisa langsung terlihat struktur atau module halaman yang sebelumnya sudah dibuat.

Lihat artikel untuk Membuat Tampilan Responsive Divi 2 Kolom Mobile Phone

divi builder classic editor

Beberapa waktu ketika akan melakukan pembaharuan (update) halaman dengan menggunakan divi builder, tidak terlihat tampilan normal seperti sebelumnya. Tidak terlihat loading dan tanda-tanda tampilnya divi builder dan dilakukan refresh halaman dan hal tersebut tetap sama. Ternyata disaat dilakukan scroll kebawah ternyata tampilan divi builder dikanan bawah classic editor seperti tidak biasanya.

Dilakukan test untuk membuat halaman baru dan tampilan divi kembali normal, setelah selesai dan kembali dilakukan percobaan membuka kembali hasil pembuatan halaman kembali tampilan divi builder berubah ke posisi kanan bawah klasik editor.

tampilan divi builder dikanan bawah classic editor

Solusi Tampilan Divi Builder

Mungkinkah ini salah satu bug divi? dari forum divi hal ini belum ada yang membahas, apakah hal ini jarang terjadi atau mungkin baru terjadi setelah update wordpress 5.7 dan update theme divi builder versi 4.9.3. Bagaimana solusi agar tampilan divi builder dikanan bawah Classic Editor kembali normal dan tetap mudah untuk digunakan.

1. Melakukan Install Ulang Divi Builder

Percobaan pertama untuk mengetahui bug divi, dilakukan penginstallan ulang dan juga melakukan rollback versi sebelumnya. dari percobaan tersebut tidak membuah hasil yang diharapkan

2. Deactived Plugin Classic Editor

Percobaan perbaikan langkah pertama melakukan deactived plugin classic editor, setelah menon-aktifkan plugin maka secara otomatif editor akan berubah menggunakan gutenburg. Penggunaan divi builder dengan gutenburg akan membawa kita pada pengeditan front-editor divi.

3. Menggunakan Classic Editor

Kembali melakukan percobaan untuk mengaktifkan plugin classic editor yang bertujuan penggunaan divi builder tidak di front-editor melainkan tetap pada klasik editor.

divi builder dengan classic editor 1 column

  1. Klik screen capture wordpress yang terletak dibagian atas
  2. Rubah bagian 2 column menjadi 1 column

itulah cara untuk kembali menggunakan divi builder pada classic editor, sehingga masih bisa menggunakan back-end divi builder. Apabila teman-teman ada yang mengalami hal yang sama lakukan hal yang sama pada point 3 jika masih tetap ingin menggunakan klasik editor.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *