Cara Menambahkan User Administrator WordPress Melalui phpMyAdmin

Sangat mudah melakukan cara untuk bisa menambahkan user administrator WordPress Melalui phpMyAdmin? phpMyAdmin ini aplikasi yang berbasis web tentunya dipakai juga untuk melakukan beberapa pengaturan-pengaturan didalam database MySQL, phpMyAdmin mempunyai fungsi dalam membantu memudahkan user mengakses dan juga mengatur database sebuah website. Kita dapat mengatur data-base website seperti pembuatan atau menambahkan user baru, edit user, sampai keperluan untuk menghapus user.

Didalam kesempatan artikel kali ini, Kami akan mengulas cara menambahkan user administrator Website WordPress melalui phpMyAdmin semoga saja bisa membantu dan bermanfaat.

Cara Menambahkan User Administrator WordPress Melalui phpMyAdmin

Sebelum Anda mulai menambahkan user Administrator WordPress, tentu saja Kita harus melakukan login cpanel untuk bisa mengakses phpMyAdmin. Caranya seperti ulasan berikut, ikuti sampai habis ini

1. Akses ke phpMyAdmin

Untuk menambahkan user administrator wordPress lakukan login terlebih dahulu ke cpanel melalui informasi hosting/cpanel yang telah diberikan oleh pihak hosting, yang dikirimkan ke email. Gunakan user login dan passwordnya.

Untuk melakukan login ke cpanel pada addres bar silahkan masukan alamat domain kamu, seperti contoh https://sample.com/cpanel. Masukan username dan password sesuai dengan detail login cPanel yang ada pada kiriman email provider hosting kamu.

login cpanel dumetnesia

2. Menggunakan Menu PhpMyAdmin

Setelah berhasil masuk kedalam dashboard cPanel, lalu cari pada kolom pencarian dengan mengetikkan phpmyadmin dan pilih dengan cara mengklik icon phpMyAdmin tersebut. Terlihat seperti pada contoh gambar dibawah ini.

menambahakan user melalui phpmyadmin3. Memilih Database Website

Setelah melakukan klik pada icon phpmyadmin, Kemudian akan dimasuk kesebuah halaman yakni phpMyAdmin. Pilihlah database yang ingin ditambahkan user untuk account wordpress anggota baru.

edit phpmyadmin

Setelah kamu memilih nama database website (contoh pada gambar databasenya adalah test) , lalu lanjutkan dengan mengklik tabel user. Tabel user dengan identitas wp_users (biasanya diakhir identitas terlihat kata “user”). Dan ini harus sesuai juga dengan prefix database website wordpress yang digunakan.

Prefix database

Prefix database adalah awalan pada tabel yang dipakai untuk mengatur data. Setiap tabel pada database pastinya mempunyai prefix yang berbeda. Prefix database ini dapat dilihat pada file wp_config.

Pada ulasan artikel ini menggunakan nama prefix databasenya adalah wp_.  Tentunya setiap masing-masing pemilik website akan menggunakan prefix database yang berbeda pula.

Lalu klik pada bagian wp_users. Dan kemudian disebelah kanan kolom akan terlihat isi dari tabel WP_user website. Seperti pada contoh gambar berikut dibawah ini.

trial divi localhost phpmyadmin

Kemudian lakukan klik pada bagian Insert, maka akan tampil beberapa form untuk kita isi. Berikut ini isi form yang akan mulai kita isi:

divi localhost phpmyadmin

IDWajib diisi dengan angka secara random (misalnya angka 2).
user_loginWajib diisi menggunakan username yang akan digunakan untuk login ke Dashboard WordPress.
user_passWajib diisi menggunakan password untuk login ke Dashboard WordPress. Pastikan Anda pilih MD5 ya!
user_nicenameWajib diisi. Anda bisa menyamakan nickname dengan user_login.
user_emailWajib diisi dengan menggunakan email aktif Anda.
user_urlKosongkan bagian ini karena database otomatis tersinkron dengan website Anda. Jadi, Anda tidak perlu menambahkan URL website.
user_registeredIni tidak wajib untuk diisi. Isi dengan waktu saat Anda membuat user.
user_statusWajib diisi menggunakan angka 0.
display_nameWajib diisi menggunakan nama yang akan Anda tampilkan pada halaman WordPress.

mengisikan database phpmyadmin baru

Setelah kita selesai mengisi form sesuai dengan gambar di atas, lalu langkah selanjutnya adalah menyimpan database tersebut dengan mengklik tombol Go dibagian kanan bawah tujuannya adalah untuk menambahkan user baru. Apabila kita telah berhasil dalam menambahkan atau membuat user baru maka akan terlihat tampilan seperti pada gambar dibawah ini.

penyimpanan database user baru phpmyadminpng

5. Menambahkan WP_UserMeta

Setelah berhasil melakukan penambahan user baru, maka selanjutnya menambahkan pada table wp_usermeta. Pilih table wp_usermeta lalu dilanjutkan dengan mengklik Insert untuk tujuan menambahkan usermeta yang baru.

menambahkan user meta baru phpmyadmin

Setelah mengklik Insert, Lalu akan tampil kembali isian form untuk kita isi beberapa informasi. Berikut keterangan isian form yang harus kita isi.

unmeta_idUntuk form ini Anda dapat mengosongkan saja.
user_idIsikan sesuai dengan ID yang telah Anda buat pada tabel wp_users. Pada panduan ini kami menggunakan angka 2.
meta_keyIsikan dengan wpna_capabilities.
meta_valueIsikan dengan kode berikut a:1:{s:13:”administrator”;s:1:”1″;}

mengisi form meta user phpmyadmin

Setelah selesai mengisi form dengan lengkap, jangan lupa untuk mengklik tombol Go untuk menyimpan dan juga menambahkan usermeta yang tadi telah selesai diisi .

Langkah selanjutnya, masih pada bagian menu usermeta. scroll kebagian bawah untuk menambahkan beberapa kolom informasi. Berikut keterangan dan cuplikannya.

unmeta_idpada bagian form ini dapat dikosongkan saja.
user_idIsikan sesuai dengan ID yang telah Anda buat pada tabel wp_users. anduan ini menggunakan Angka 2
meta_keyIsikan dengan wpna_user_level.
meta_valueIsikan dengan angka 10.

penambahan wp metauser phpmyadmin

Setelah selesai pengisian form dengan sesuai, kembali dilanjutkan dengan klik tombol Go untuk menyimpan isian kolom usermeta.

6. Memeriksa User Admin Baru Di Database

Setelah langkah-langkah diatas dilakukan maka perlu untuk melakukan pemeriksaan, apakah user baru yang sudah ditambahkan terlihat pada database. Untuk memeriksa user baru yang selesai ditambahkan, klik kembali tabel wp_users dan pastikan bahwa user nama yang telah ditambahkan sudah terlihat pada tabel wp_users. terlihat seperti pada gambar.

user admin baru wordpress

7. Login WordPress Dengan User Baru

Langkah terakhir dari pengerjaan adalah memastikan bahwa pada penambahan user WordPress yang dilakukan telah berhasil. Untuk memastikan hal tersebut, Kita dapat melakukan login kehalaman WordPress dengan menggunakan user dan juga password baru yang telah selesai ditambahkan melalui phpmyadmin.

Melalui artikel mengenai cara menambahkan user Administrator WordPress Melalui phpMyAdmin ini semoga bisa menambah informasi dan juga semangat dalam belajar mengenai pembuatan website wordpress, semoga berhasil

Leave a Reply