Cara Membuat Virtual Tour 360 Website WordPress

Sangat menyenangkan dan juga membantu para pengunjung website bisa bisa menikmati tampilan Virtual Tour 360 Website WordPress, lalu bagaimana kita bisa menampilkannya dengan cara membuat virtual tour 360 mudah di website wordpress. Cara untuk menampilkan foto lokasi dengan lebih menyenangkan bisa juga membantu dalam mempromosikan tempat, misalnya: tempat usaha website sewa ac, lokasi hotel, tempat pariwisata, kafe, atau bahkan dimana lokasi tempat jual rumah yang bisa dilengkapi dengan harga rumah.

Penggunaan teknologi virtual tour 360 ini sih sebetulnya sudah lama juga kurang lebih dari tahun 2012 lalu. Dan tentunya caranya tidak semudah seperti saat-saat ini. Dulu sih ada banyak juga aplikasi khusus yang dipakai untuk membuat tampilan virtual tour 360 yang berbasis desktop dengan format adalah flash. Tetapi sekarang, sobat disini bisa dengan mudah untuk membuat virtual tour 360 dengan menggunakan smartphone.

Semisalnya saja sobat sedang menggunakan jasa pembuatan website, selama dalam pengerjaan website tersebut cobalah sobat untuk merequest untuk menyertakan tampilan google map dan virtual street yang sobat inginkan seperti lokasi toko online milik sobat, sehingga nantinya para pengunjung sudah bisa mengetahui letak lokasi tanpa harus berpindah ke google maps.

Virtual Tour 360 Website WordPress

Berikut ini ada beberapa cara untuk membuat virtual tour 360 yang bisa sobat coba.

Menggunakan Google Street View

Sejak tahun 2018 silam, Google telah meluncurkan sebuah aplikasi Google Street View yang memperbolehkan semua para penggunanya untuk mengupload foto-foto yang nantinya bisa dibentuk menjadi tampilan foto virtual tour 360.

Kira-kira mengapa sih Google melakukan hal ini? Tentunya Google ingin memberikan sesuatu yang lebih bermanfaat dan informatif kepada para penggunanya sehingga bisa untuk mempermudah dalam mendapatkan lokasi tujuan. Dan tentu saja juga mempermudah sobat membuat virtual tour 360 milik sendiri, yang bisa diakses oleh semua pengguna Google Maps lainnya. Hal ini juga membantu meringankan pekerjaan mereka untuk selalu mengimprovisasi Google Maps Street View milik mereka.

Google Street View ini gratis. Sahabat bisa mencoba mengeksplorasinya sendiri. Di sana Sahabat juga bisa menghubungkan titik-titik yang berisi foto panorama yang sudah Sahabat buat. Ketika pengguna mengeklik ikon panah, maka pengguna akan diarahkan ke foto panorama yang tertaut di titik tersebut.

Menggunakan Kuula

Jika sobat ingin mencoba yang lebih mudah dalam pembuatan virtual tour 360, Sobat dapat menggunakan website Kuula. Kuula ini tersedia fitur yang gratis dan ada juga yang berbayar (Pro). Jika cukup sekedar menampilkan panorama 360 saja, Sobat bisa membuatnya di Kuula tanpa berbayar (gratis). Namun, jika ingin membuat virtual tour 360 seperti yang ada di Google Street View, Sobat harus melakukan upgrade dari yang gratis ke Pro.

Sangat wajar sih jika harus upgrade ke Pro untuk membuat virtual tour 360. Virtual tour 360 di Kuula banyak kustomisasinya dan sangat mudah untuk dibuat, dibandingkan dengan membuatnya di Google Street View.

Menggunakan iStaging

Jika Kuula hanya layanan yang bisa dilakukan di website saja, iStaging lebih menyeluruh. iStaging ini memberikan dan juga menawarkan peralatan untuk membantu dalam pembuatan virtual tour 360, software desktop, hingga menyediakan aplikasi handphone yang tentu sangat bisa untuk mempermudah dalam pembuatan virtual tour 360.

Paket subskripsi dari iStaging ini juga lebih mahal dan terbatas dibandingkan dengan Kuula. Namun, fitur kustomisasinya lebih banyak dibandingkan dengan Kuula.

Menggunakan Theasys

Jika dari penggunaan layanan Kuula dan iStaging ini kesannya sobat harus melakukan pembayaran, Naah untuk layanan Theasys ini berbeda. Mereka secara FREE atau gratis hingga 5 panorama atau virtual tour. Hanya saja akan ada sedikit iklan-iklan  yang bermunculan pada bagian bawah virtual tour-nya saat dilakukan embed website wordpress.

Oh ya, jika sobat ingin melakukan download virtual tour-nya dalam bentuk .html maka sobat harus membayar sebesar $10 tiap virtual tour-nya. Lalu bagaimana jika ingin gratis? Caranya adalah dengan embed kode yang disiapkan oleh Theasys berupa API. Sementara ini Theasys hanya mendukung WordPress saja yah. Beda dengan Kuula yang kamu bisa memasangnya di website platform apapun.

Buat sobat-sobat yang ingin juga coba, Layanan Theasys ini bisa menjadi salah satu untuk melakukan percobaan dalam membuat virtual tour 360 tanpa harus merogoh kocok alias gratis. Atau mungkin juga sobat ingin juga mencobanya dengan menggunakan Google Street View.

Naah itulah beberapa tips untuk cara membuat virtual tour 360 yang bisa sobat gunakan ini. Apabila sobat suka dengan penggunaan dari aplikasi desktop dalam membuat virtual tour 360, Sobat juga bisa mencoba untuk menggunakan KRPano, EasyPano, dan software panorama sejenisnya. Selamat mencoba dan nikmati Virtual Tour 360 Website WordPress.

Leave a Reply